Cara Membuat Email Di Google (Gmail)

2009-03-04

Blom punya email..! Pengen punya email..! Pengen seperti teman lain yang sudah punya email tapi masih bingung atau blom bisa cara membuatnya. Mari kita belajar bersama untuk membuatnya.

Okeh..Di artikel ini akan membahas mengenai cara membuat email di Google (Gmail). Mengenai cara membuat email di Yahoo! bisa dilihat disini. Untuk membuat sebuah email di Google sebelumnya kita harus Sign up atau mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini cara untuk mendaftar email di Google:

» Masuk ke Google.com
Caranya ketikkan www.google.com atau google.com pada address bar trus tekan Enter, seperti gambar berikut:


» Pilih Menu Gmail
Setelah masuk Google, pilih menu Gmail di sudut kiri atas seperti gambar berikut:


» Pilih Sign up for Gmail
Setelah masuk Gmail.com pilih menu Sign up for Gmail di sudut kanan bawah, seperti gambar berikut:


» Pengisian Form pendaftaran account
Setelah masuk ke Sign up for Gmail, maka akan muncul form pengisian untuk membuat akun, seperti gambar berikut ini:


Isilah form pendaftaran tersebut. Jika ingin mengubah bahasa ke dalam bahasa Indonesia, pilih Change Language di sudut kanan atas.
Untuk contoh pendaftaran email Google dengan isi konten dalam bahasa Indonesia dan sekaligus jika Anda nantinya ingin mengakses email Google dalam bahasa Indonesia dapat dilihat disini.

Berikut ini contoh pengisian yang berbahasa Inggris.

First Name:
Isilah dengan nama depan Anda.

Last Name:
Isilah dengan nama belakang Anda

Desired Login Name:
Isilah/Pilihlah nama login yang diinginkan yang nantinya akan menjadi nama email Anda. Boleh nama asli atau atau boleh juga nama samaran/alias. Usahakan simpel, mudah diingat dan jangan terlalu panjang.

Misalnya:
namaemail @gmail.com
nama.email @gmail.com

Contohnya:
bikinemail@gmail.com
bikin.email@gmail.com

Setelah itu tekan tombol check availability untuk mengecek ketersediaan untuk nama email Anda. Jika tidak tersedia gantilah dengan nama yang lain atau bisa memilih nama yang sudah disediakan.

Choose a password:
Buatlah password/kata sandi yang nantinya dijadikan password untuk login ke account email Anda. Panjang minimal 8 karakter. Bisa digabung dengan huruf, angka atau karakter (!?@#$%).

Re-enter password:
Ketikkan kembali password yang sudah dibuat tadi.
Kemudian hapus centang pada Remember me on this computer. Agar password yang telah dibuat tidak akan tersimpan di komputer.

Security Question:
Pilihlah pertanyaan untuk keamanan jika nantinya Anda lupa sandi Anda, maka Gmail akan memberikan pertanyaan dan akan meminta jawaban untuk pertanyaan tersebut.
Jika Anda ingin membuat pertanyaan sendiri pilihlah Write my own question.

Answer:
Isikan dengan jawaban dari pertanyaan Anda tadi yang nantinya akan digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas apabila Anda lupa password Anda dikemudian hari.

Secondary email:
Secondary email ini digunakan untuk mengautentikasi account Anda jika Anda mengalami masalah atau lupa sandi Anda. Maka Gmail akan mengirimkan pesan email ke alamat email ini. Jika Anda tidak memiliki alamat email lain, Anda boleh mengosongkan isian ini.

Location:
Pilih lokasi/Negara dimana Anda tinggal.

Word Verification:
Ketikkan karakter yang terlihat di gambar pada kolom dibawah gambar tersebut.
Jika karakter tidak bisa dibaca bisa diganti dengan karakter lain dengan mengklik pada gambar disamping kolom tersebut.

Terms of Service:
Ini langkah terakhir. Periksa kembali informasi yang Anda masukkan untuk Account Google di atas, gantilah bila ada yang tidak cocok. Agar Anda tidak lupa catat kembali informasi seperti Login Name, Password, Security Question dan Answer. Jika sudah klik tombol I accept. Create my account.

Jika berhasil maka akan seperti pada gambar berikut ini:


Congratulations!
Selamat sekarang Anda sudah punya email di Google. Untuk memulai silahkan klik tombol Show me my account ».

»» Jangan lupa catat kembali nama email dan password Anda. Ingat jangan sampai lupa dan jangan berikan password Anda ke orang lain apalagi ke orang yang Anda tidak kenal. Kalo berikan ke Saya sih gak apa-2..He..he..

0 Comments:

Post a Comment

Preview Recent Comments

Preview Friends

  © 2009 Belajar Internet | Blogger templates by Ourblogtemplates.com

Back to TOP