Membuat Email Di Yahoo! Indonesia (www.yahoo.co.id)

2009-03-16

Membuat email di Yahoo! Indonesia caranya hampir sama seperti membuat email di Yahoo.com. Tapi kalo membuat email dengan Yahoo! Indonesia ini, isi dari kontennya nantinya berbahasa Indonesia. Jadi mulai dari Sign Up / Pendaftaran sampai mengakses email nantinya berbahasa Indonesia, jadi akan lebih mudah untuk mengaksesnya.

Okeh langsung saja. Sama seperti pada postingan sebelumnya kita harus Sign up / Daftar terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

» Masuk ke Yahoo.co.id
Caranya ketikkan www.yahoo.co.id pada address bar trus tekan Enter, seperti gambar berikut:


» Pilih Menu Daftar
Setelah masuk Yahoo!, pilih menu Daftar di bagian sebelah kanan atas seperti gambar berikut:


» Pengisian Form Pendaftaran
Setelah masuk ke Daftar, maka akan muncul form pendaftaran, seperti gambar berikut ini:


Isilah form pendaftaran tersebut. Jika Anda nantinya ingin mengakses email Yahoo! dengan konten berbahasa Inggris dapat memilih Saya lebih suka isi dari di sebelah kanan atas, kemudian pilih Yahoo! U.S. in English.
Untuk contoh registrasi dengan konten berbahasa Inggris dapat dilihat disini.

Berikut ini contoh pengisian form pendaftaran yang berbahasa Indonesia:

1. Ceritakan tentang Diri Anda...

Nama Saya
Isi dengan Nama Depan dan Nama Belakang Anda.

Jenis Kelamin
Pilih jenis kelamin Anda.

Tanggal Lahir
Isikan dengan Tanggal Lahir Anda.

Saya tinggal di
Pilih nama Negara tempat Anda tinggal.

Kode Pos
Isi dengan kode pos dimana tempat Anda tinggal

2. Pilih ID dan Sandi

ID Yahoo! dan Email
Isilah/Pilihlah nama untuk nama ID Yahoo!/nama Email Anda nantinya. Boleh nama asli atau atau boleh juga nama samaran/alias. Usahakan simpel, mudah diingat dan jangan terlalu panjang. Kemudian pilih ID Yahoo! yang diinginkan. Ada beberapa pilihan untuk nama ID Yahoo! Anda, Anda bisa menggunakan yahoo.co.id, ymail.com dan rocketmail.com. Terserah mau pilih yang mana. ID yang Anda pilih ini memungkinkan Anda untuk masuk ke semua produk Yahoo! dan akan digunakan untuk alamat email Yahoo! gratis bagi Anda.

Misalnya:
namaemailanda@yahoo.com
namaemailanda@ymail.com
namaemailanda@rocketmail.com

Contohnya:
bikin_email@yahoo.com
bikin_email@ymail.com
bikin_email@rocketmail.com

Setelah itu klik tombol Periksa di sebelah kanan, untuk mengecek apakah ID yang anda pilih tersedia. Jika ID yang dikehendaki tidak tersedia, cobalah tambahkan kata atau angka untuk menjadikannya unik. Atau Anda dapat memilih ID yang disarankan oleh Yahoo!.

Sandi
Isikan password/kata sandi yang nantinya dijadikan password / sandi untuk login ke account email Anda. Pemakain huruf besar dan kecil berpengaruh, panjang minimal 6 karakter dan maksimal 32 karakter, tanpa spasi. Agar lebih aman jangan gunakan nama atau ID Yahoo! Anda. Atau jika ingin menggunakan ID Yahoo!, bisa digabung dengan huruf, angka atau karakter (!?@#$%).

Keitik ulang Sandi
Ketikkan kembali password / sandi yang sudah dibuat tadi.

3. Jika Anda lupa Sandi atau ID Anda...
Ini digunkan jika Anda lupa sandi atau ID Anda.

Email Alternatif
Email Alternatif ini digunakan untuk mengirimkan sebuah pesan ke alamat email alternatif ini jika Anda lupa sandi atau ID Anda. Jika Anda tidak memiliki alamat email lain, Anda boleh mengosongkan isian ini.

Pertanyaan Keamanan
Pilihlah pertanyaan untuk keamanan jika nantinya Anda lupa sandi Anda, maka Yahoo! akan memberikan pertanyaan dan akan meminta jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Jawaban Anda
Isikan dengan jawaban dari pertanyaan Anda tadi yang nantinya akan digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas apabila Anda lupa password/Sandi Anda dikemudian hari. Pastikan jawaban Anda mudah Anda ingat tapi sulit ditebak orang lain.

Hanya beberapa data lagi…

Ketikkan kode yang ditunjukkan
Ketikkan kode yang terlihat di gambar pada kolom tersebut.
Jika kode tidak bisa dibaca bisa diganti dengan kode lain dengan mengklik Coba code baru.

Anda Setuju?
Centang saja. Ini menandakan bahwa Anda sudah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan Yahoo! dan Kebijakan Privasi Yahoo! , dan untuk menerima pesan penting dari Yahoo! secara elektronik.

Kemudian untuk langkah terakhir. Periksa kembali informasi yang Anda masukkan pada form registrasi di atas, gantilah bila ada yang tidak cocok. Agar Anda tidak lupa catat kembali informasi seperti ID Yahoo! / nama Email, Sandi, Pertanyaan Keamanan dan Jawaban. Jika sudah klik Buat Akun Saya.

Jika berhasil maka akan tampil halaman konfirmasi pendaftaran Yahoo! seperti pada gambar berikut ini:


Selamat!
Selamat Anda telah memiliki account email di Yahoo! Indonesia. Untuk memulai silahkan klik tombol Lanjutkan.

»» Jangan lupa catat kembali nama email dan password Anda. Ingat jangan sampai lupa dan jangan berikan password Anda ke orang lain apalagi ke orang yang Anda tidak kenal. Kalo berikan ke Saya sih gak apa-2..He..he..

3 Comments:

Hery Purwa said...

Bisa gak daftar email yahoo melalui handphone

yd wahyu w said...

Hebat Bang,blog Anda ada di barisan atas SE yahoo indonesia,sudah berapa tahun ngeblognya?beri dong jurus-jurusnya buat saya!
www.citycouriersolo.blogspot.com

yd wahyu w said...

joss sekali tutorialnya
www.solo-on-line.blogspot.com

Post a Comment

Preview Recent Comments

Preview Friends

  © 2009 Belajar Internet | Blogger templates by Ourblogtemplates.com

Back to TOP