Membuat Email Di Google Indonesia (www.google.co.id)

2009-03-11

Caranya hampir sama dengan postingan sebelumnya. Tapi kalo membuat email dengan Google Indonesia / www.google.co.id ini, isi dari kontennya nantinya berbahasa Indonesia. Jadi mulai dari Sign Up / Pendaftaran sampai mengakses email nantinya berbahasa Indonesia, sehingga untuk yang kurang familier dengan bahasa Inggris [seperti saya..] jadi lebih mudah untuk mengaksesnya.

Ya..terserah pilihan kita masing-masing. Mau yang pake bahasa Indonesia atau yang pake bahasa Inggris. Monggo.. Kalo mau bikin dua-duanya juga..Monggo.. Atau mau bikin pake bahasa yang laen juga Monggo..Asalkan dengan Hati membuatnya..Hiks..

Okeh langsung saja. Sama seperti pada artikel sebelumnya kita harus Sign up / Daftar terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

» Masuk ke Google.co.id
Caranya ketikkan www.google.co.id pada address bar trus tekan Enter, seperti gambar berikut:


» Pilih Menu Gmail
Setelah masuk Google, pilih menu Gmail di sudut kiri atas seperti gambar berikut:


» Pilih Sign up ke Gmail
Setelah masuk Gmail pilih menu Sign up ke Gmail di sudut kanan bawah, seperti gambar berikut:


» Pengisian Form pendaftaran Akun
Setelah masuk ke Sign up ke Gmail, maka akan muncul form pengisian untuk membuat akun, seperti gambar berikut ini:


Isilah form pendaftaran tersebut. Jika ingin mengubah bahasa pilih Change Language / Ganti Bahasa di sudut kanan atas.
Untuk contoh pembuatan/pendaftaran email Google dengan isi konten dalam bahasa Inggris dan sekaligus jika Anda nantinya ingin mengakses email Google dalam bahasa Inggris dapat dilihat disini.

Berikut ini adalah contoh pengisian yang berbahasa Indonesia.

Nama Depan:
Isilah dengan nama depan Anda.

Nama Belakang:
Isilah dengan nama belakang Anda

Nama Login Yang Diinginkan:
Isilah / Pilihlah nama login yang diinginkan yang nantinya akan menjadi nama email Anda. Boleh nama asli atau atau boleh juga nama samaran / alias. Usahakan simpel, mudah diingat dan jangan terlalu panjang.

Misalnya:
namaemail @gmail.com
nama.email @gmail.com

Contohnya:
bikinemail@gmail.com
bikin.email@gmail.com

Setelah itu tekan tombol cek ketersediaan! untuk mengecek ketersediaan untuk nama email Anda. Jika tidak tersedia gantilah dengan nama yang lain atau bisa memilih nama yang sudah disediakan.

Buat Sandi:
Buatlah password / kata sandi yang nantinya dijadikan password untuk login ke akun email Anda. Panjang minimal 8 karakter. Bisa digabung dengan huruf, angka atau karakter (!?@#$%).

Masukkan Kembali Sandi:
Ketikkan kembali password / kata sandi yang sudah dibuat tadi. Kemudian hapus centang pada Ingat saya di komputer ini. Agar password yang telah dibuat tidak akan tersimpan di komputer (misalnya di warnet).

Pertanyaan Rahasia:
Pilihlah pertanyaan untuk keamanan jika nantinya Anda lupa sandi Anda, maka Gmail akan memberikan pertanyaan dan akan meminta jawaban untuk pertanyaan tersebut. Jika Anda ingin membuat pertanyaan sendiri pilihlah Buat pertanyaan saya sendiri.

Jawaban:
Isikan dengan jawaban dari pertanyaan Anda tadi yang nantinya akan digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas apabila Anda lupa password Anda dikemudian hari.

Email sekunder:
Email sekunder ini digunakan untuk mengautentikasi akun Anda jika Anda mengalami masalah atau lupa sandi Anda. Maka Gmail akan mengirimkan pesan email ke alamat email ini. Jika Anda tidak memiliki alamat email lain, Anda boleh mengosongkan isian ini.

Lokasi:
Pilih lokasi / Negara dimana Anda tinggal.

Verifikasi Kata:
Ketikkan karakter yang terlihat di gambar pada kolom dibawah gambar tersebut. Jika karakter tidak bisa dibaca bisa diganti dengan karakter lain dengan mengklik pada gambar disamping kolom tersebut.

Persyaratan Layanan:
Ini langkah terakhir. Periksa kembali informasi yang Anda masukkan untuk Akun Google di atas, gantilah bila ada yang tidak cocok. Agar Anda tidak lupa catat kembali informasi seperti Nama Login, Sandi, Pertanyaan Rahasia dan Jawaban. Jika sudah klik tombol Saya menerima. Buat akunku.

Jika belum berhasil periksa kembali dimana kesalahannya. Selanjutnya jika sudah berhasil maka akan seperti pada gambar berikut ini:


Selamat ya!
Selamat Anda telah mendaftar dengan sukses dan sekarang Anda sudah memiliki akun email di Google Indonesia. Untuk memulai silahkan klik tombol Saya siap – tampilkan account saya!

»» Jangan lupa catat kembali nama email dan password Anda. Ingat jangan sampai lupa dan jangan berikan password Anda ke orang lain apalagi ke orang yang Anda tidak kenal. Kalo berikan ke Saya sih gak apa-2..He..he..

0 Comments:

Post a Comment

Preview Recent Comments

Preview Friends

  © 2009 Belajar Internet | Blogger templates by Ourblogtemplates.com

Back to TOP